Widget HTML #1

Penipuan Berkedok Petugas Sensus, Seorang Lansia di Kajenengan Rugi Jutaan Rupiah

Penipuan bermodus petugas sensus, penipuan warga, kajenengan, Bojong tegal
Nenek Komariah saat melaporkan kejadian yang menimpanya kepada perangkat desa Kajenengan, Sabtu (21/9/2024) (FOTO/Ist)

Infomoga.com -- Bojong,
Nasib nahas dialami Seorang nenek bernama Komariah (56), warga RT/RW: 01/03 Desa Kajenengan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang tertipu oleh orang asing yang mengaku petugas sensus lansia (lanjut usai), Sabtu, (21/9/2024) siang.

Peristiwa ini diketahui sekitar pukul 12.00 WIB, setelah korban melaporkan ke perangkat desa di balai desa setempat usai kejadian.

Korban bercerita, didatangi dua orang yang mengaku petugas sensus lansia di rumahnya menggunakan motor PCX. Masih menurut keterangan korban, satu orang berambut gondrong.

Namun entah bagaimana kelanjutannya, korban kemudian tertipu daya oleh kedua orang tersebut. Korban mengaku kehilangan sebuah handphone Android dan sejumlah perhiasan emas yang terdiri dari kalung, liontin serta gelang dengan berat sekitar 38gram.

Akibat kejadian ini korban mengalami kerugian yang ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Waspada petugas sensus gadungan

Berkaca dari kejadian yang menimpa ibu Komariah, kita harus waspada akan petugas sensus gadungan yang datang ke rumah dengan kedok pendataan dan berakhir pada penipuan atau perampokan.

Mengutip dari berbagai sumber resmi pemerintah, berikut ciri-ciri petugas sensus resmi yang perlu dikenali:

1. Seragam Sensus 
Pertama, petugas sensus resmi akan memakai seragam resmi dengan logo dan atribut instansi, lembaga atau kementerian yang melaksanakan sensus tersebut.

2. Tanda pengenal
Sebelum mengizinkan petugas sensus masuk, pastikan petugas memiliki tanda pengenal. Tanda pengenal tersebut mencantumkan nama petugas, instansi dimana dia bekerja dan juga tentunya logo instansi, lembaga atau kementerian.

3. Surat Tugas
Pastikan petugas sensus memiliki surat tugas resmi dari instansi, lembaga atau kementerian. Minta petugas memberikan surat tugas sebelum memasuki rumah.

4. Verifikasi
Sebelum menerima petugas memasuki rumah, kita bisa melakukan verifikasi dengan menghubungi perangkat desa atau pejabat terkait untuk memastikan kebenaran keberadaan petugas tersebut resmi dari pemerintah baik tingkat pusat maupun daerah.


Post a Comment for "Penipuan Berkedok Petugas Sensus, Seorang Lansia di Kajenengan Rugi Jutaan Rupiah"